Rana Tonjong: Danau Lotus terbesar kedua di dunia

Rana Tonjong: Danau Lotus terbesar kedua di dunia
Foto: Enu Molas - @meirinachandra & @vantage_ina

Enumolas.com – Rana Tonjong merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di wilayah Manggarai Timur.

Danau ini dinobatkan sebagai Danau Lotus terbesar kedua di dunia setelah India.

Baca: Festival Golo Koe: Bentuk Dukungan BPOLBF untuk UMKM

Mungkin Rana Tonjong tidak setenar viral destinasi wisata di Labuan Bajo.

Wisata Alam Danau Rana Tonjong

Penobatan Labuan Bajo sebagai salah satu daerah wisata super prioritas di Indonesia tentu mempunyai pertimbangan matang.

Baca: Wae Rebo; Destinasi Wisata Unik Bikin Jatuh Hati

Rana Tonjong: Danau Lotus Terbesar Kedua di Dunia

Faktor keindahan alam dan Komodo menjadi salah satu alasan utama sehingga Labuan Bajo sangat pantas diprioritaskan oleh pemerintah. Namun sebenarnya, binatang purba seperti komodo ada dan hidup di wilayah Manggarai Timur, tepatnya di Kelurahan Pota.

Selain kota Labuan Bajo, ternyata di belahan tanah Manggarai yang lain juga memiliki destinasi yang unik dan sangat indah. Destinasi wisata itu berupa sebuah danau dengan ribuan laotus atau teratai yang hidup di atasnya. Danau tersebut dinamai Rana Tonjong.

Rana Tonjong: Danau Lotus terbesar kedua di dunia
Foto: Enu Molas – @riyanh.id

Lokasi Rana Tonjong

Secara administratif, rana atau danau ini termasuk dalam wilayah kabupaten Manggarai Timur, akses menuju danau ini bisa ditempuh melalui jalur Kota Ruteng ibukota Kabupaten Manggarai.

Rana Tonjong, di Pota, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur. Danau cantik ini terletak di Desa Nanga Mbeling, Kecamatan Sambi Rampas, sekitar 3 kilometer utara Pota.

Danau ini memiliki luas 2.200 kilometer persegi, berada di sebuah dataran rendah yang dikelilingi perbukitan.

Ada pun jarak menuju ke danau ini dari kota Ruteng kira-kira sekitar 90 kilometer (km) dan bisa ditempuh selama tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau mobil.

Baca: Lodok: Jaring Laba-laba di Manggarai, Flores

Rute dan Keunikan Danau

Danau atau rana ini terletak di Desa Nangabaras, Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur. Dalam bahasa daerah setempat, Rana memiliki arti danau dan Tonjong berarti lotus atau teratai.

Seluruh permukaan danau ditumbuhi bunga teratai raksasa/giant lotus (Victoria amazonica) atau tonjong dalam bahasa setempat. Bunga teratai itu hanya berbunga sekali setahun pada bulan April dan Mei.

Hal yang paling menarik dan disuguhkan danau atau rana ini adalah hamparan bunga teratai (lotus) yang memenuhi danau. Apalagi ketika mulai bersemi, teratai di danau tersebut akan berwarna pink.

Rana Tonjong: Danau Lotus terbesar kedua di dunia
Foto: Enu Molas – @tentangflores

Uniknya, lotus atau teratai di danau itu tidak bisa kembang biak di tempat lain. Selain itu juga, teratai di danau tersebut tidak seperti teratai pada umumnya yang hidup menjalar di atas permukaan air.

Ada pun teratai ini tumbuh tegak seperti talas dengan tinggi batang mencapai sekitar tiga meter dengan lebar daun mencapai 45 cm dan lebar bunga mencapai 25 cm.

Artikel SebelumnyaFestival Golo Koe: Bentuk Dukungan BPOLBF untuk UMKM
Artikel BerikutnyaSuster Virgula; Sang Misionaris yang Berjasa di Manggarai